Test Footer

Kamis, 24 Mei 2012

Bisnis Plan Konveksi



BISNIS PLAN KONVEKSI
A.    ANALISIS
a.       Analisis jenis usaha
Pasar yang mudah dijangkau dan tidak banyak makan biaya angkut. Bisnis konveksi sangat menjanjikan untuk menjadi pengusaha sukses. Saat ini banyak pedagang grosir yang menjual berbagai jenis pakaian jadi di pasaran, motifnya biasa-biasa saja(murah). Hal ini menjadi peluang potensial untuk membuka bisnis konveksi yang bernuansa tradisional sampai yang mewah. Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. kebanyakan pedagang hanya mengandalkan harga murah saja, namun kualitas bahan yang digunakan tidak diperhatikan. Bisnis yang kami rencanakan ini akan membuat konsumen tidak hanya puas dengan harga yang relatif murah, namun konsumen juga akan puas dengan motif yang ditawarkan. sehingga konsumen akan menjadi loyal. Hal ini akan di pantau dengan selalu mencari motif yang lebih baru dan memperhatikan motif yang bagus dan menarik.
b.      Analisis lingkungan
1.      Permintaan industri
Melihat tingginya permintaan produk pakaian jadi di pasar grosir  menjadikan usaha kami akan berhasil dalam waktu yang cukup pendek, karena melihat permintaan yang cukup tinggi dan tidak hanya mendekati hari raya idul fitri permintaan semakin tinggi.
2.      Persaingan industri
Dilihat dari pesaing didalam pasar grosir, persaingannya cukup tinggi, terutama para industri rumahan di sekitar pasar yang dan industri dari luar kota seperti pekalongan,solo dan jakarta yang kwalitas baik dengan harga lebih murah, mereka meniru/membuat model yang sangat laris dipasaran dengan harga yang lebih murah.


3.      Lingkungan tenaga kerja
Perusahaan kami membutuhkan tenaga penjahit yang profesional, dalam hal tenaga kerja penjahit di kudus banyak SDM tersebut,sehingga tidak perlu gaji yang tinggi untuk gaji karyawan cukup dengan Rp25.000 mereka sudah puas dengan gaji tersebut, sehingga akan membuat biaya produksi kami lebih rendah.
B.     RENCANA PRODUKSI
a.       Proses produksi sebuah gamis
1.      Kain soft jins dengan timbul bunga-bunga di proses dalam pemotongan.
2.      Kain yang telah di potong sesuai desain di bordil di dalam mesin bordil.
3.      Kain yang telah selesai di bordil di jahit sesuai desain dan di beri riesleting.
4.      Setelah selesai penjahitan dan pemasangan riesleting kemudian di obras agar mendapatkan kwalitas yang rapi dan halus.
5.      Setelah itu penyetrikaan.
6.      Setelah selesai di setrika lalu di masukkan dalam plastik.
7.      Dan yang terakhir di ikat dengan tali, 1 ikat berisi 10 potong.
b.      Lokasi
Bentuk bisnis kami adalah bisnis konveksi yang pendistribusiannya langsung ke pedagang grosir, kami merencanakan lokasi bisnis kami dekat dengan pasar grosir dan dekat dengan penyedia bahan baku (kain, benang, dll), dan mudah dijangkau oleh para karyawan kami.
c.       Lay out
Ruang penjahit berukuran 40 x 30 meter untuk menampung 60 mesin jahit dan 6 mesin obras, dengan duduk saling berhadapan para penjahit bekerja(ruang di belakang). Ruang khusus mesin bordil dan karyawan berukuran 15x5 meter untuk menampung 1 mesin bordil, 1 mesin bordil panjangnya 12 meter dan lebarnya 3 meter(ruang di samping ruang jahit), Ruang pemotongan kain berukuran 20 x 20 untuk 4 karyawan pemotong kain(ruang di belakang penjahit). Ruang penyimpanan barang yang sudah siap kirim berukuran 5x5 meter(ruang di samping garansi mobil). Ruang penyetrika dan pengemasan berukuran 5x5 meter(ruang disamping penyimpanan barang). Ruang penyimpanan bahan baku kain, benang, kancing, dll berukuran 5x4 meter(ruang di samping penyetrika). Ruang istirahat, tempat makan siang dan musola berukuran 40x30 meter. Ruang tim kreatif dan gambar bordil berukuran 6x4 meter untuk 3 orang. Garansi mobil pengiriman barang 3x2 meter (ruang di depan). Tempat parkir untuk para karyawan berukuran 10 x 2 meter(didepan garansi mobil) . Ruang kantor administrasi dan keuangan berukuran 5x4 meter untuk 2 orang karyawan.Jadi luas keseluruhan tempat produksi kami 1935 meter. Bangunan perusahan bentuknya ada 2 lantai lantai 1 untuk produksi dan lantai 2 untuk istirahat,  makan dan salat, di setiap ruang terdapat kamar mandi.
d.      Rencana penjualan produksi
Kami mempunyai penjahit profesional 50 orang setiap orang minimal  perhari 30 potong baju. Dengan menggunakan rumus forcast produksi=forcast penjualan+persediaan akhir, jumlah produksi perhari adalah 1500 potong baju, dengan forcast penjualan 1000, dan persediaan akhir per hari 500 potong, persediaan akhir ini dijual pada hari sabtu dan minggu dimana pada hari sabtu dan minggu para karyawan libur.
e.       Pemasok
Kami mempunyai 2 pemasok kain kanfas, soft jins, katun, dan kain-kain yang bermotif baru dengan 1 pemasok benang (accecoris), pemasok datang mengirim bahan tiap 3 hari sekali, setiap ada motif  kain baru pemasok menawarkan dengan membawa contoh motif kain baru tersebut. Jarak tempat produksi kami dengan pemasok bahan tidak jauh masih dalam satu kota, sehingga kami tidak ada kekhawatiran kehabisan bahan baku.
C.     Rencana pemasaran
a.       Analisis target pelanggan/ konsumen
Target pelanggan kami adalah para pedagang di pasar grosir, dengan modal yang cukup besar  perusahaan kami masuk ke dalam pasar grosir, kami tidak membutuhkan pedagang(pelanggan) yang banyak bagi kami cukup 10 pedagang, dengan daya beli 100 potong perhari disetiap pedagang.
b.      Strategi  penentuan harga
1.      Penentuan harga berdasarkan Biaya Produksi
Harga kami tentukan dengan menghitung semua biaya produksi per potong ditambah Rp5000 , misal semua bahan dan biaya produksi adalah Rp50.000 harga jualnya menjadi Rp55.000 perpotong.
2.      Penentuan Harga Berdasarkan Permintaan
Namun pada 2 bulan sebelum hari raya idul fitri keuntungan per potong kami tingkatkan menjadi Rp7000, karena semakin banyaknya permintaan.
c.       Strategi  promosi
1.      Penjualan personal (Personal Selling)
Dengan secara personal kami melakukan penjualan dengan tidak banyaknya konsumen yang kami rencanakan, dengan membawa beberapa contoh produk kami menawarkan langsung pada calon pelanggan atau konsumen kami.
2.      Hubungan Masyarakat (publik relation)
Promosi kami juga dengan mengenalkan,membangun citra produk dan memberi kesan yang baik pada masyarakat lewat jejaring sosial face book, untuk masalah membeli bisa datang ke pelanggan kami yang ada di pasar grosir. Dengan seperti itu kami bisa lebih menghemat biaya promosi, karena di face book promosinya gratis.
d.      Strategi  Distribusi
1.      Saluran Langsung
Melakukan transaksi secara langsung pada pelanggan dengan perantara pemasaran. Barang kami yang sudah siap kirim kami distribusikan ke pasar grosir, model pendistribusiannya kami menjual secara grosir, kami tidak memberikan barang di semua  pedagang namun kami memberikan barang pada tiap blok, tiap blok hanya ada 2 kios atau pedagang, tujuannya adalah meningkatkan keuntungan, dan menghindari banyaknya persaingan antar pedagang.
e.       Strategi produk
1.Fleksebilitas produk
Fleksebilitas produk yang akan menciptakan variasi-variasi atas berjalannya waktu, sesuai trend dan dari permintaan konsumen atau pelanggan. Dan juga membuat variasi-variasi produk dengan ber experimen yang dilakukan oleh tim kreatif.
D.    Rencana Keuangan
a.       Biaya pembelian mesin:
Mesin pemotong kain 4 unit per unit Rp 400.000 =                          Rp1,6jt
Membeli mesin jahit sebanyak 60 mesin per unitn Rp1.500.000 =   Rp90jt
Mesin obras sebanyak 4 unit, per unit nya Rp 2.000.000 =              Rp8jt
Mesin pasang kancing 2 unit Rp 600.000 =                                      Rp1,2jt
Mesin bordil 1 unit =                                                                       Rp 190jt
1 unit Komputer untuk gambar bordil=                                            Rp4jt
Jumlah keseluruhan                                                                      Rp294.800.000
b.      Biaya operasional per bulan
Biaya tagihan listrik perbulan                                                      Rp1.500.000
Biaya penyusutan mesin 10% =                                                  Rp29.480.000
Biaya transportasi (solar) untuk pengiriman barang per hari       Rp50.000
Biaya makan siang perhari untuk 70 karyawan Rp5000 X 70=  Rp350.000
Gaji satpam dan clining service                                                  Rp 6.400.000
Gaji karyawan jahit Rp30.000 X 50=                                         Rp 1.500.000
Gaji karyawan obras Rp20.000 X  4=                                        Rp 80.000
Gaji  karyawan penyetrika dan pengemasan Rp 20.000 X  4=   Rp80.000
Gaji tim kreatif dan desain gambar bordil Rp 40.000 X 4=        Rp160.000
Gaji karyawan potong kain Rp 30.000 x 4=                               Rp120.000
Gaji sopir                                                                                    Rp 40.000
Gaji marketing Rp50.000 X 2 =                                                  Rp 100.000
Gaji karyawan administrasi                                                         Rp50.000
Jumlah keseluruhan                                                                    Rp2.530.000
Jumlah keseluruhan perbulan, dikali 20 =                                  Rp87.980.000
c.       Biaya bahan baku
1pis kain Rp 1.700.000 x 28=                                  Rp47.600.000
Harga 1 benang Rp1500, di kalikan 375=                Rp562.500
Biaya bordil per potong Rp4000 ,di kalikan 1500 = Rp6.000.000
Riesleting 1 =Rp500, di kalikan 1500=                     Rp750.000
Kemasan 1 potong Rp200, di kalikan 1500=            Rp300.000
Jumlah keseluruhan                                                  Rp55.212.500
Jumlah keseluruhan dikali 20 hari kerja =                Rp1.104.250.000
d.      Jumlah biaya perbulan secara keseluruhan
Jumlah biaya bahan baku                                         Rp1.104.250.000
biaya operasional                                                     Rp87.980.000)+
Jumlah keseluruhan                                               Rp 1.192.230.000
e.       Arus kas penerimaan per hari
Rata-rata harga jual barang kami adalah Rp50.000
1000 potong x Rp50.000 = Rp50jt, dikali 30hari=              Rp1.500.000.000
Dikurangi semua biaya pengeluaran=                                 Rp1.192.230.000-
Keuntungan perbulan kami =                                              Rp308.230.000
E.     Rencana personalia
Gambar Struktur Personalia
Spesifikasi pekerjaan karyawan
a.       Marketing (2 marketing) bertugas sebagai berikut:
1.      Menawarkan produk pada konsumen.
2.      Bertanggung jawas atas semua pembayaran barang.
3.      Menentukan harga yang lebih spesifik.
4.      Menentukan nilai lebih pada setiap produk.
5.      Menampung semua keluhan dan masukan dari pelanggan.
6.      Melaporkan pada tim kreatif tentang kekurang produk.
7.      Melaporkan semua penerimaan uang, pada bagian keuangan.
b.      Tim kreatif (3 orang) bertugas sebagai berikut:
1.      Membuat gambar-gambar bordil
2.      Membuat desain baru
3.      Mencari produk yang lebih unik dan menarik
4.      Memperbaiki desain, yang dilaporkan marketing ada kekurangan.
c.       Bagian keuangan (2 orang) bertugas sebagai berikut:
1.      Mencatat semua keluar masuk nya uang
2.      Memberikan upah pada semua karyawan
3.      Mengabsen untuk semua karyawan
4.      Menyiapkan dana untuk pengeluaran per hari maupu per bulan
d.      Pemotong kain (4 orang)bertugas :
1.      Memotong kain sesuai pola yang telah di buat tim kreatif
e.       Operator mesin bordil (3 orang, tiap 8 jam ganti) bertugas:
1.      Menjalankan mesin
2.      Menyesuaikan potongan kain yang telah di potong sesuai pola
f.       Penjahit (50) bertugas :
1.      Menjahit kain yang telah di potong sesuai desain
2.      Memasang riesleting
g.      Pengobras (5 orang) bertugas :
1.      Mengobras semua jahitan yang telah selesei di jahit dan dipasang riesleting
2.      Membersihkan sisa-sisa benang jahitan dan bordil
h.      Penyetrika (4 0rang) bertugas:
1.      Menyetrika baju yang telah di obras
2.      Melipat baju dengan rapi
3.      Memasukkan kedalam plastik
4.      Mengikat dengan tali baju-baju yang telah di masukkan kedalam palstik
i.        Sopir (1 orang)bertugas:
1.      Mengantar barang ke pasar grosir
2.      Merawat mobil pengiriman barang
3.      Membantu mengangkat barang ke tempat pedagang
j.        Satpam (3 orang) bertugas
1.      Menjaga keamanan lingkungan pabrik pada siang dan malam hari
k.      Clining service (5 orang) bertugas:
1.      Membersihkan ruang kerja setelah dan sebelum para karyawan mulai kerja
F.     Rencana strategi
a.       Strategi persaingan
1.      Focus dengan kwalitas yang lebih baik
Suatu cara untuk memenangkan persaingan khususnya pada konveksi adalah dengan membandingkan produk yang di hasilkan dengan produk pesaing. Dalam hal ini keunggulan produklah yang akan membedakannya dari produk pesaing. Kami menggunakan strategi kwalitas barang yang bagus, desain sesuai trend, unik, menarik, cantik,  dan jahitan yang rapi untuk bersaing dengan konveksi lain.
2.      Penentuan harga prestise
Menggunakan harga diatas pesaing karena mempunyai keunggulan tersendiri dan untuk meraih kesan terbaik dari pesaing-pesaing lain.
b.      Strategi pengembangan wilayah pemasaran
Wilayah pemasaran akan direncanakan di perluas ke luar kota, seperti di surabaya disana ada pasar grosir besar yaitu di pasar kapasan. Dengan model titip barang dan bayarnya menggunakan bilyet giro para pedagang akan lebih tertarik untuk mencoba produk kami, tapi setelah produk kami laku dipasaran Surabaya kami akan memberlakukan model cash, tidak menggunakan bilyet giro lagi, ada uang ada barang.
c.       Strategi pengembangan produk
1.      Strategi pengembangan produk baru
Produk baru dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar dan dengan selalu mengikuti trend yang ada, dengan melihat dan mengikuti pameran- pameran busana. Tim kreatif yang bertanggung jawab atas pengembangan produk, tetapi kami tidak hanya mengandalkan tim kreatif saja untuk mengembangkan produk kami, tapi kami juga menerima masukan dari para pelanggan tentang produk-produk yang lebih bagus, unik, menarik, dan cantik. Selain itu kami selalu menjaga kwalitas jahitan dan kemasan untuk menjaga nama merek kami.
Nama : Faizal amin 
Nim : 210159

10 komentar:

makasih masukan nya bos , ini sangat bermanfaat buat saya


gan mau nanya kalo untuk bayaran penjahit rumahan system gajinya gmn ya saya baru buka rumah jahit / rumah prduksi baru ada 6 mesin tapi kayanya boros di ongkos pekerja ..

Mksh gan informasinya mudah-mudahan saya berhasil untuk memulai

Blm bayar pajak karyawan lebih dari 10

Blm bayar pajak karyawan lebih dari 10

Terimakasih artikelnya sangat membantu saya, smg semakim sukses

pembahasannya sangat lengkap, terimakasih atas artikelnya yang cukup membantu pembaca untuk menambah ilmu seputar bisnis konveksi
Aplikasi Kasir dan Stok Barang

Terimakasih info dan ilmunya. Sangat bermanfaat. semoga hidupnya berkah. amiin.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites