Test Footer

Minggu, 13 Oktober 2013

Bisnis Plan Laundry


STUDI KELAYAKAN BISNIS USAHA LAUNDRY
I.                    Ikhtisar
Bisnis laundry kiloan adalah salah satu bisnis di bidang jasa yang saat ini sedang marak di kalangan masyarakat. Dalam usaha Laundry  “SELYAN” ini merupakan gagasan yang muncul karena kebanyakan sebagian pelaku bisnis, karyawan, bahkan ibu rumah tangga maupun mahasiswa memilih jasa pencucian Laundry karena praktis dan satu paket dengan setrika.  Jadi lebih meringankan beban dari mereka yang tak mengenal waktu untuk mencuci ataupun menyetrika baju kerja maupun baju sehari-hari mereka.
Usaha ini  merupakan sebuah usaha dengan modal, tenaga kerja dan fasilitas yang berkapasitas sedang. Memiliki lokasi yang strategis dekat dengan keramaian dan berposisi di perkotaan.
Karena jasa laundry ini merupakan usaha yang berkapasitas sedang maka perlengkapan yang digunakan pun sangat sederhana. Karyawan dalam usaha bisnis ini meliputi 5 orang tenaga kerja.

II.                 Latar Belakang
Semaraknya usaha jasa laundry di kalangan masyarakat membuat penasaran dan ingin mengembangkan pelayanan jasa dalam bentuk ini. Adanya kecenderungan gaya hidupmpraktis dan menyerahkan urusan cucian ke jasa laundry.
 Selain karena perubahan gaya hidup juga karena tuntutan kesibukan yang memakan waktu dan tenaga karyawan, mahasiswa dan bahkan ibu rumah tanggayang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian dan energy mereka sudah digunakan untuk aktifitas mereka yang padat sehingga lebih memillih menyerahkan pada jasa laundry ini.
Kondisi cuaca yang berubah saat ini, yaitu lebih sering hujan mengakibatkan pakaian cepat kotor dan menjemur pakaian pun menjadi lama dalam proses pengeringannya.

III.               Analisa Kelayakan Bisnis
1.      Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia
a.       Perencanaan
Dalam bisnis Loundry ini perencanaan manajemen meliputi rencana persiapan toko dan publikasi, pemilihan SDM, pengawasan dan pengelolaan loundry serta evaluasi kinerja karyawan.
·         Tahap perencanaan pelaksanaan proyek
a.       Pengkondisian SDM
b.      Pembagian pekerjaan pada masing-masing tenaga kerja
c.       Persiapan semua keperluan yang akan dipergunakan dalam bisnis laundry
d.      Pengkondisian lokasi dan layout
e.       Pengkondisian mesin dan peralatan dalam bisnis laundry
·         Tahap Publikasi dan Pemasaran
Dalam tahap publikasi dan pemasaran bisnis Loundry ini dilakukan melalui : media cetak, media elektronik, dll
b.      Pengorganisasian
Struktur Organisasi dan jumlah SDM yang dibutuhkan dalam bisnis Loundry adalah sebagai berikut :

Tabel:
Jabatan
Jumlah
Pendidikan Terakhir
M.Opersional
1 orang
SMK
Kasir
1 orang
SMA
Tukang cuci
2 orang
SMA
Tukang setrika
2 orang
SMA

 Gambar : Struktur Organisasi



 







Untuk mengendalikan tahap manajemen kami membagi tugas dan tanggug jawab pada setiap tenaga kerja, antara lain :
Manajer
Bertugas mengawasi tukang cuci, setrika dan kasir
Tukang cuci
Bertugas untuk mencuci pakaian yang akan dicuci dari pelanggan
Tukang setrika
Bertugas untuk mneyetrika pakaian setelah proses pencucian selesai
Kasir
Bertugas melayani pelanggan yang akan meloundrykan pakaian serta menyampaikan harga perkilo dan parfum yang akan dipilih pelanggan
Tanggung jawab :
Manajer
Bertanggung jawab atas kinerja dari masing-masing tugas tenaga kerja
Tukang cuci
Bertanggung jawab atas atas pakaian yang akan dicuci dan kebersihan dari pakaian yang akan dicuci
Tukang setrika
Bertanggung jawab atas pakaian yang akan disetrika dan ketelitian dalam menyetrika
Kasir
Bertanggung jawab dalam keuangan usaha dan melayani pelanggan pada saat akan meloundrykan bahan yang akan di loundrykan
Cara menganalisis atau menyeleksi sumberdaya manusia yang dibutuhkan dalam usaha pendirian bisnis Loundry :
-          Membuat selebaran atau media cetak lainnya mengenai informasi lowongan pekerjaan
-          Melampirkan persyaratan berkas permohonan pekerjaan
-          Panggilan untuk seleksi pelamar
-          Keputusan penerimaan yang didasarkan pada persyaratan-persyaratan yang dilampirkan
-          Penempatan unit kerja
-          Evaluasi kinerja
-          Pengembangan atau pengarahan SDM
-          System kompensasi
c.       Pengawasan dan Evaluasi
      Pelaksanaan dan pengawasan program dilakukan secara terorganisir dan melakukan evaluasi atau pengecekan mingguan atas dasar kepercayaan guna analisis dari faktor internal. Hal tersebut dilakukan supaya dapat mempertahankan keunggulan dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Loundry dan selalu dapat dipercaya kebersihannya.

2.      Aspek pemasaran       
a.       Strategi Produk
Kualitas pelayanan yang baik dari suatu usaha pencucian pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat memberikan citra yang baik pada usaha laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari dimensi kehandalan, keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud. Dalam bidang pemasaran, pengembangan suatu produk jasa sangatlah penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Jasa pada dasarnya bersifat tidak berwujud, maka setiap orang yang mengkonsumsinya memiliki pengalaman yang berbeda-beda terhadap produk yang sama. Untuk itulah, kualitas jasa pelayanan harus menjadi hal yang terpenting karena kualitas sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan konsumen.
b.      Strategi penetapan harga
Dalam menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasar kami adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uang saku yang terbatas. Adapun jumlah pesaing dalam bisnis yang serupa di sekitar lokasi usaha kami cukup banyak, sehingga dalam penetapan harga Laundry Selyan tidak menentukan pada harga yang tinggi.  Untuk jenis pakaian (termasuk kaos, kemeja, celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg), Laundry Selyan menetapkan harga Rp. 5000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non pakaian yang membutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda.
c.       Strategi Distribusi
Bisnis Laundry Selyan memilih tempat yang berada di daerah
pemukiman penduduk, seperti di daerah rumah kos atau rumah kontrakan dan berada di tepi jalan raya dekat dengan perkampungan warga dan mudah pula untuk dijangkau oleh berbagai kalangan.
d.      Strategi Promosi
Perusahaan akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang disampaikan bersifat informative advertising (pengiklanan secara lisan). Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan menyakini walaupun strategi ini sangat sederhana, namun efektifitas penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi lain adalah melalui media promosi, seperti: dengan selebaran atau flyer, dengan media banner (spanduk), poster akan ditempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon konsumen, koran dan media radio.

3.      Aspek Teknis dan Teknologi
a.       Proses produksi
      Bisnis ini melayani sesuai permintaan konsumen yang datang untuk melaundrykan kaos, jaket, sprei, dan lain-lain. Setelah melakukan pendataan terlebih dahulu maka kasir menunjukkan berat dari bahan atau pakaian yang akan diloundrykan dalam timbangan. Lalu kasir menanyakan parfum yang telah disediakan dalam berbagai varian. Ada konsumen yang setia dengan parfum dari awal tapi ada juga yang ingin coba-coba dengan parfum yang lain. Setelah selesai dengan urusan parfum lalu kasir memberi tahu bahwa tanggal jadinya 2hari namun ada juga yang meminta paket 1hari jadi dan berbeda pula harga dari yang 2hari jadi.
Tahap-tahap proses kerja pada bisnis Laundry :

b.       Lokasi dan layout Laundry
      Lokasi Laundry “SELYAN” berada di Jl.Kyai H.Daulat yang sangat strategis karea berada di tepi jalan raya dan dekat dengan perkampungan warga dan mudah pula untuk dijangkau oleh berbagai kalangan.
      Bangunan dan tata letak bangunan usaha bisnis Laundry akan didirikan diatas tanah seluas 200m2. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai tempat pencucian, tempat pengeringan, tempat pakaian kotor yang belum dicuci ada juga tempat setelah pencucian  sebelum menyetrika, yang selanjutnya tempat menyetrika, dan bangunan depan adalah kasir dan pakaian yang sudah jadi dari proses pertama sampai akhir.
c.       Teknologi
      Berkaitan dengan pemilihan teknologi bisnis Loundry “SELYAN” ini menggunakan peralatan dan mesin yang cukup canggih namun masih dibilang sederhana yang tidak berteknologi tinggi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika bisnis ini sudah maju dan memiliki cabang lebih dari 5cabang demi pelayanan terhadap konsumen kami mungkin akan menggunakan peralatan yang berteknologi tinggi demi hasil yang lebih maksimal untuk kepuasan konsumen.

IV.             Kesimpulan

             Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha jasa Laundry mampu memberikan kenyamanan dan bermanfaat bagi mereka yang sibuk dengan aktifitas sehari-hari dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan.  

2 komentar:

sangat berterimakasih karena telah berbagi banyak informasi sekaligus ilmu penting dalam merintis dan mengembangkan usaha laundry. artikel yang sangat bermanfaat..
Aplikasi Kasir Laundry Android

Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites