I.
Ikhtisar
Bisnis laundry kiloan adalah
salah satu bisnis di bidang jasa yang saat ini sedang marak di kalangan
masyarakat. Dalam usaha Laundry “SELYAN”
ini merupakan gagasan yang muncul karena kebanyakan sebagian pelaku bisnis,
karyawan, bahkan ibu rumah tangga maupun mahasiswa memilih jasa pencucian Laundry
karena praktis dan satu paket dengan setrika.
Jadi lebih meringankan beban dari mereka yang tak mengenal waktu untuk
mencuci ataupun menyetrika baju kerja maupun baju sehari-hari mereka.
Usaha ini merupakan sebuah usaha dengan modal, tenaga
kerja dan fasilitas yang berkapasitas sedang. Memiliki lokasi yang strategis
dekat dengan keramaian dan berposisi di perkotaan.
Karena jasa laundry ini merupakan
usaha yang berkapasitas sedang maka perlengkapan yang digunakan pun sangat
sederhana. Karyawan dalam usaha bisnis ini meliputi 5 orang tenaga kerja.
II.
Latar Belakang
Semaraknya usaha jasa laundry di
kalangan masyarakat membuat penasaran dan ingin mengembangkan pelayanan jasa
dalam bentuk ini. Adanya kecenderungan gaya hidupmpraktis dan menyerahkan
urusan cucian ke jasa laundry.
Selain karena perubahan gaya hidup juga karena
tuntutan kesibukan yang memakan waktu dan tenaga karyawan, mahasiswa dan bahkan
ibu rumah tanggayang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian dan energy
mereka sudah digunakan untuk aktifitas mereka yang padat sehingga lebih
memillih menyerahkan pada jasa laundry ini.
Kondisi cuaca yang berubah saat
ini, yaitu lebih sering hujan mengakibatkan pakaian cepat kotor dan menjemur
pakaian pun menjadi lama dalam proses pengeringannya.
III.
Analisa Kelayakan Bisnis
1.
Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia
a.
Perencanaan
Dalam bisnis Loundry ini
perencanaan manajemen meliputi rencana persiapan toko dan publikasi, pemilihan
SDM, pengawasan dan pengelolaan loundry serta evaluasi kinerja karyawan.
·
Tahap perencanaan pelaksanaan proyek
a.
Pengkondisian SDM
b.
Pembagian pekerjaan pada masing-masing tenaga kerja
c.
Persiapan semua keperluan yang akan dipergunakan
dalam bisnis laundry
d.
Pengkondisian lokasi dan layout
e.
Pengkondisian mesin dan peralatan dalam bisnis
laundry
·
Tahap Publikasi dan Pemasaran
Dalam tahap publikasi dan
pemasaran bisnis Loundry ini dilakukan melalui : media cetak, media elektronik,
dll
b.
Pengorganisasian
Struktur Organisasi dan jumlah
SDM yang dibutuhkan dalam bisnis Loundry adalah sebagai berikut :
Tabel:
Jabatan
|
Jumlah
|
Pendidikan Terakhir
|
M.Opersional
|
1 orang
|
SMK
|
Kasir
|
1 orang
|
SMA
|
Tukang cuci
|
2 orang
|
SMA
|
Tukang setrika
|
2 orang
|
SMA
|
Gambar : Struktur Organisasi
![]() |
|||
![]() |
Untuk
mengendalikan tahap manajemen kami membagi tugas dan tanggug jawab pada setiap
tenaga kerja, antara lain :
Manajer
|
Bertugas mengawasi
tukang cuci, setrika dan kasir
|
Tukang cuci
|
Bertugas untuk
mencuci pakaian yang akan dicuci dari pelanggan
|
Tukang setrika
|
Bertugas untuk
mneyetrika pakaian setelah proses pencucian selesai
|
Kasir
|
Bertugas melayani
pelanggan yang akan meloundrykan pakaian serta menyampaikan harga perkilo dan
parfum yang akan dipilih pelanggan
|
Tanggung
jawab :
Manajer
|
Bertanggung jawab
atas kinerja dari masing-masing tugas tenaga kerja
|
Tukang cuci
|
Bertanggung jawab
atas atas pakaian yang akan dicuci dan kebersihan dari pakaian yang akan
dicuci
|
Tukang setrika
|
Bertanggung jawab
atas pakaian yang akan disetrika dan ketelitian dalam menyetrika
|
Kasir
|
Bertanggung jawab
dalam keuangan usaha dan melayani pelanggan pada saat akan meloundrykan bahan
yang akan di loundrykan
|
Cara
menganalisis atau menyeleksi sumberdaya manusia yang dibutuhkan dalam usaha
pendirian bisnis Loundry :
-
Membuat
selebaran atau media cetak lainnya mengenai informasi lowongan pekerjaan
-
Melampirkan
persyaratan berkas permohonan pekerjaan
-
Panggilan untuk
seleksi pelamar
-
Keputusan
penerimaan yang didasarkan pada persyaratan-persyaratan yang dilampirkan
-
Penempatan unit
kerja
-
Evaluasi kinerja
-
Pengembangan
atau pengarahan SDM
-
System
kompensasi
c.
Pengawasan dan
Evaluasi
Pelaksanaan dan pengawasan program
dilakukan secara terorganisir dan melakukan evaluasi atau pengecekan mingguan
atas dasar kepercayaan guna analisis dari faktor internal. Hal tersebut
dilakukan supaya dapat mempertahankan keunggulan dan kepercayaan konsumen
terhadap bisnis Loundry dan selalu dapat dipercaya kebersihannya.
2.
Aspek pemasaran
a.
Strategi Produk
Kualitas pelayanan yang baik dari suatu usaha
pencucian pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam
memberikan kepuasan kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat
memberikan citra yang baik pada usaha laundry.
Kualitas pelayanan dapat dilihat dari dimensi kehandalan, keresponsifan,
jaminan, empati dan berwujud. Dalam bidang pemasaran, pengembangan suatu produk
jasa sangatlah penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Jasa pada
dasarnya bersifat tidak berwujud, maka setiap orang yang mengkonsumsinya
memiliki pengalaman yang berbeda-beda terhadap produk yang sama. Untuk itulah,
kualitas jasa pelayanan harus menjadi hal yang terpenting karena kualitas
sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan konsumen.
b.
Strategi penetapan harga
Dalam
menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang
merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasar kami adalah mahasiswa dan
pelajar memiliki uang saku yang terbatas. Adapun jumlah pesaing dalam bisnis
yang serupa di sekitar lokasi usaha kami cukup banyak, sehingga dalam penetapan
harga Laundry Selyan tidak menentukan pada harga yang tinggi. Untuk jenis pakaian (termasuk kaos, kemeja,
celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg), Laundry Selyan menetapkan
harga Rp. 5000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non pakaian yang
membutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda.
c. Strategi Distribusi
Bisnis
Laundry Selyan memilih tempat yang berada di daerah
pemukiman penduduk, seperti di daerah rumah
kos atau rumah kontrakan dan berada
di tepi jalan raya dekat dengan perkampungan warga dan mudah pula untuk
dijangkau oleh berbagai kalangan.
d. Strategi Promosi
Perusahaan
akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang
ada. Iklan yang disampaikan bersifat informative advertising (pengiklanan
secara lisan). Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi adalah
dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan menyakini walaupun
strategi ini sangat sederhana, namun efektifitas penyampaian pesannya juga
cukup signifikan. Strategi lain adalah melalui media promosi, seperti: dengan
selebaran atau flyer, dengan media banner (spanduk), poster akan
ditempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon konsumen, koran dan
media radio.
3.
Aspek Teknis dan
Teknologi
a.
Proses produksi
Bisnis
ini melayani sesuai permintaan konsumen yang datang untuk melaundrykan kaos,
jaket, sprei, dan lain-lain. Setelah melakukan pendataan terlebih dahulu maka
kasir menunjukkan berat dari bahan atau pakaian yang akan diloundrykan dalam
timbangan. Lalu kasir menanyakan parfum yang telah disediakan dalam berbagai
varian. Ada konsumen yang setia dengan parfum dari awal tapi ada juga yang
ingin coba-coba dengan parfum yang lain. Setelah selesai dengan urusan parfum
lalu kasir memberi tahu bahwa tanggal jadinya 2hari namun ada juga yang meminta
paket 1hari jadi dan berbeda pula harga dari yang 2hari jadi.
Tahap-tahap proses kerja pada bisnis Laundry :

b.
Lokasi dan layout Laundry
Lokasi Laundry
“SELYAN” berada di Jl.Kyai H.Daulat yang sangat strategis karea berada di tepi
jalan raya dan dekat dengan perkampungan warga dan mudah pula untuk dijangkau
oleh berbagai kalangan.
Bangunan dan
tata letak bangunan usaha bisnis Laundry akan didirikan diatas tanah seluas
200m2. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai tempat
pencucian, tempat pengeringan, tempat pakaian kotor yang belum dicuci ada juga
tempat setelah pencucian sebelum
menyetrika, yang selanjutnya tempat menyetrika, dan bangunan depan adalah kasir
dan pakaian yang sudah jadi dari proses pertama sampai akhir.
c.
Teknologi
Berkaitan
dengan pemilihan teknologi bisnis Loundry “SELYAN” ini menggunakan peralatan
dan mesin yang cukup canggih namun masih dibilang sederhana yang tidak
berteknologi tinggi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika bisnis ini
sudah maju dan memiliki cabang lebih dari 5cabang demi pelayanan terhadap
konsumen kami mungkin akan menggunakan peralatan yang berteknologi tinggi demi
hasil yang lebih maksimal untuk kepuasan konsumen.
IV.
Kesimpulan
Dari
hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha jasa Laundry mampu memberikan
kenyamanan dan bermanfaat bagi mereka yang sibuk dengan aktifitas sehari-hari
dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan.
2 komentar:
sangat berterimakasih karena telah berbagi banyak informasi sekaligus ilmu penting dalam merintis dan mengembangkan usaha laundry. artikel yang sangat bermanfaat..
Aplikasi Kasir Laundry Android
Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.
Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.
Posting Komentar